Laman

Sabtu, 05 Mei 2012

Kimia Fisika


Apaan itu z???Mungkin bagi mahasiswa/i Teknik Kimia atau partisi pendidikan,peneliti dan yang lainnya mungkin sudah faham dengan hal ini!!!
Izinkan saya sedikit mengupasnya,  yang jelas Kimia Fisika bukan suatu ilmu yang hanya sekedar mempelajari rumus lho????meski bukunya full rumus . . . hehehe . . .

Kimia Fisik adalah ilmu yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, subatom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika, dengan bidang khusus antara lain termodinamika kimia, kimia kuantum, dan kinetika. Kimia Fisik banyak menggunakan konsep-konsep dan prinsip Fisika Klasik (seperti energi, entropi, suhu, tekanan, tegangan permukaan, viskositas, hukum Coulomb, interaksi dipol),
Fisika Kuantum (seperti foton, bilangan kuantum, spin, keboleh jadian, prinsip ketakpastian), maupun Mekanika Statistik (seperti fungsi partisi, distribusi Boltzmann). Bagian penting dari ilmu ini termasuk termodinamika kimia, kinetika kimia, kimia kuantum, elektrokimia, kimia permukaan dan kimia padatan, dan spektroskopi. Kimia fisik juga penting bagi ilmu material modern.
(disadur dari wikipedia)


Biasanya dalam praktek perkuliahan ataupun pendidikan diberikan suatu tambahan berupa Praktikum.

Ya hal inilah yang kadang memang bikin susah - susah senang, karena memang menyenangkan berlama - lama dalam laboratorium, namun menyedihkan jika teringat tuntutan dalam penyelesaian Laporan Praktikum.
Banyak hal ataupun materi yang diberikan dalam Praktikum tersebut.
diantaranya:
  1. Terkait dengan Kelarutan, entah kelarutan ini akan dihubungkan dengan materi yang lain atau tidak, misalnya sebagai suatu fungsi suhu, dll. Dan untuk lebih jelasnya anda dapat membandingkan Laporan yang telah admin lakukan dalam praktikum tersebut. (penyusunan ini dilakukan secara berkelompok). untuk mendapatkannya silahkan klik sikat.
  2. Berkaitan dengan sistem Distilasi, mulai dari pembahasan alat yang jauh - jauh hari sudah terlalu sering dibahas, zat yang mungkin dapat dipakai dan penerepannya dalam kehidupan ataupun akademika. lebih jelasnya dan untuk perbandingan dan referensi, silahkan klik gasak wes.
  3. Berkaitan dengan Koefisien Distribusi (partisi), dimana menjelaskan tentang penerapan hukum distribusi, yang memang sangat beragam aplikasinya baik melalui ekstraksi,dll. Sehingga tanpa berpikir panjang lagi please klik jadikan perbandingan z.
  4. Berkaitan dengan Adsorbsi dimana didalamnya diaplikasikan pada berbagai zat dengan persepsi dasar yaitu hubungan yang menunjukkan distribusi adsorben antara fasa teradsorpsi pada permukaan adsorben dengan fasa ruah (fase cair) saat kesetimbangan pada temperatur tertentu. Silahkan anda kroscek melalui coba.
  5. Berhubungan dengan Kinetika Reaksi. langsung saja add baca dan pahami.
  6. Berkaitan dengan Energi Aktivasi dari suatu zat atau larutan. silahkan join jajal.
  7. Tentang spektrofotometri. Mungkin hampir sama dengan yang pernah dilakukan pada Kimia analisa, namun disin lebih difokuskan kepada tetapan,dll. silahkan dibaca di embat.
  8. Dan Materi - materi yang lain sesuai silabus perkuliahan atau pembelajaran anda.

Disini admin dan semua elemen bermaksud untuk mencoba mengupas, membandingkan dan mencari solusi dari tiap masalah, tidak dibenarkan bahwa hanya sekedar copy paste hasil, karena anda akan melanggar hak cipta tentunya, dan berdosa . . . hehehehe . . . .
akan sangat sia-sia jika anda hanya melakukan hal tersebut, silahkan anda download, dan berikan komentar ataupun saran anda, karena admin yakin masih banyak sekali hal yang kurang di dalamnya, dan siapa tahu anda lebih faham dibandingkan kami, sehingga dapat saling tukar ilmu dan memberikan manfaat terhadap perkembangan dunia pendidikan.

Terimakasih . . . Semoga menjadi manfaat

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar